Selamat Datang.,

Selamat Datang di Blog Singgih_nurseto, come and join.....!!!!

Senin, 08 Maret 2010

Blink 182 Band Punk Pembawa Perubahan

Blink 182 Band Punk Pembawa Perubahan

Blink 182 adalah sebuah band punk yang beda dari yang lainnya. Mereka tidak hanya membawakan musik punk yang pada umumnya, namun fashion style mereka itu yang membuat blink 182 istimewa. Green Day dengan stelan yang rapih dalam setiap live show dan clip mereka. Sedangkan Rancid dengan dandanan yang menandakan bahwa mereka anti kemapanan. Tetapi blink 182 beda, gaya mereka yang sangat youth menarik banyak anak muda untuk mengikuti gaya mereka. Dengan hanya memakai kaos, celana pendek yang melewati lutut, kadang-kadang celana panjang bahan yang gombrong serta tidak ketinggalan sebuah topi bassball melekat di kepala mereka dengan posisi miring. Sebuah dandanan yang mirip ala skater membuat blink 182 mencuat menjadi trend dikalangan muda-mudi. Belum lagi hair style mereka, Tom dengan Indies-nya, Travis yang Mohawk makin cocok dengan tattoo yang banyak melekat di tubuhnya, lalu Mark dengan gaya rambut yang mirip Stacy Nguyen. Perpaduan gaya rambut mereka yang berbeda-beda yang membuat blink 182 tambah keren. Cool man. Musik yang menghentak, lirik yang seronok sesuai dengan kenakalan-kenakalan anak sekolah membuat blink 182 makin digandrungi.

Didirikan sekitar tahun 1992 oleh tiga cowok asal San Diego. Mark Allan Hoppus (bass/15 Maret 1972), Thomas Matthew DeLonge Jr. (guitar/13 Desember 1975) dan Scott Raynor (drum/23 Mei 1978). Lalu mereka memberi nama band tersebut blink. Kemudian ketika sebuah grup techno asal Irlandia menggunakan nama yang sama, akhirnya mereka menambahkan angka 182 di belakang nama blink agar berbeda. Mengenai nomor tersebut banyak yang membuat cerita asal muasal pemilihan angka tersebut. Pertama, ada yang menghubungkan dengan angka mistik. Kedua, angka favorit dari masing-masing personel. Ketiga, nomor kamar Penthouse tempat mereka menginap ketika pertama kali konser. Keempat, 182 kg dianggap berat badan ideal buat Mark. Kelima, asal personel blink yang dari San Diego selatan tepatnya kota Rancho Bernardo, disingkat RB. Pada alphabet, R berada pada urutan 18 sedangkan B, urutan ke-2. Keenam, Travis sempat berujar pada sebuah interview kalau 182 itu diambil dari sebuah kata kode di radio Amerika Serikat yang berarti homicide (pembunuhan manusia). Dan masih banyak yang lainnya. Tetapi Mark pernah berujar “Kami menambahkan nomor 182 tanpa alasan apa-apa, hal itu tak berarti sama sekali. Tom selelu saja mengarang cerita yang tidak-tidak, tetapi saya sudah menyuruhnya menghentikan bualan tersebut”.

Pada tahun 1993 blink 182 membuat demo tapes yang diberi title Flyswatter. Disusul oleh album Buddha pada tahun yang sama membuat blink 182 semakin dikenang dikalangan penggemar musik punk. Setahun kemudian tepatnya pada 17 Februari 1994 blink mengeluarkan debut album mereka yang berjudul Chesire Cat dengan hit single M+M’s dan Carousel. Namun baru di album Dude Ranch (17 Juni 1997) melalui lagu-lagu jagoan seperti Dammit dan Josie membuat nama blink 182 mulai diperhitungkan oleh major-label. Tahun 1996-1997 blink 182 tampil di Warped Tour mendampingi NOFX dan Pennywise. Namun dibalik kesuksesan tersebut, Scott Raynor keluar dari blink 182. Posisinya diisi oleh Travis Landon Barker (drum/14 November 1975). Pria ini memiliki skill tinggi dalam menggebuk drum sehingga membuat musik blink makin enak didengar.

Tidak berapa lama mereka teken kontrak dengan major-label MCA. Debut album mereka di bawah MCA berjudul Enema of The State tahun 1999 tepatnya 1 Juni 1999. Cover album mereka di album tersebut adalah seorang bintang film dewasa yang cukup terkenal di sana yaitu Janine. Single What”s My Age Again blink 182 juga mengeluarkan lagu-lagu andalan yaitu Adam’s Song dan All The Small Things. 6 November 2000 blink 182 mengeluarkan super-album live mereka yaitu The Mark, Tom and Travis Show (The Enema Strikes Back!) dengan lagu andalan Man Overboard. Take Off Your Pants and Jacket adalah album studio blink 182 yang ke-4 dirilis pada 13 Juni 2001 dengan hit single andalan The Rock Show, First Date dan Stay Together For The Kids. Setelah itu mereka vakum sementara karena Tom dan Travis sibuk dengan side project-nya yang diberi nama boxcar racer. Album mereka cukup sukses. Selain itu Travis juga mempunyai super band yaitu Transplants bersama Tim Armstrong (vocal & guitar Rancid) dan Rob Thomas.

Mereka kembali merilis album self titled pada 18 November 2003di bawah major-label baru yaitu Geffen. Dengan lagu-lagu andalannya antara lain Feeling This, I Miss You Down dan Always. Pada album ini warna musik blink 182 sangat beda dari album sebelunya lebih kelam lyric-nya, lebih banyak eksperimen-eksperimen sound. 22 Februari 2005 mereka mengumumkan bahwa mereka sudah tidak jalan bareng lagi tanpa alas an yang jelas. Pada 1 November 2005 Geffen merilis album Greatest Hits dari blink 182 yang menandakan bahwa band ini vakum sampai waktu yang tidak dapat ditentukan. Setelah itu Tom membentuk band new wave sound yang diberi nama Angels and Airwaves (AVA) dengan bantuan mantan guitarist boxcar racer yaitu David Kennedy, Atom Willard (drum/ex-Offspring) dan Ryan Sinn (bass). Ryan Sinn keluar pada album kedua mereka dan digantikan oleh Matt Watcher (bass/ex-30 Second to Mars). AVA telah merilis 3 album yakni: We Don’t Need to Whisper, I-Empire & Love. Sedangkan Mark dan Travis membentuk +44. Mereka baru menelurkan satu album.

Namun kejutan terjadi pada malam Grammy Award blink 182 didaulat untuk menyerahkan penghargaan di kategori Best Rock Album. “blink 182 is back” teriak Mark dengan suara lantang. Di situs resmi mereka terpampang tulisan Summer 2009. Mereka kembali mengadakan tur musim panas pada tahun 2009. Semoga disusul dengan rilis album mereka yang terbaru. Berita kecelakaan pesawat Travis membuat Mark dan Tom kembali dipertemukan. Setelah itu mereka bertiga berbicara untuk nasib blink 182 kedepannya. Bagi para penggemar kembalinya blink 182 membuat harapan agar mereka kembali meluncurkan karya-karyanya yang sangat dinanti oleh fans. Do You Like My Stupid Hair? Kata Tom DeLonge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar