Selamat Datang.,

Selamat Datang di Blog Singgih_nurseto, come and join.....!!!!

Sabtu, 19 Desember 2009

Integritas

Integritas


Menurut saya walaupun tidak mudah diterapkan integritas perlu ada dalam setiap pribadi.

Karena integritas merupakan sebuah kualitas pribadi, sebagaimana yang telah dituangkan dalam artikel. Integritas seseorang dapat dilihat dari aptitude (sikap).

Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Cloud, integritas dicapai bila seseorang telah menghidupi nilai-nilai spritual dan menjadikan spiritualitas sebagai panglima dalam segala aktifitasnya. Berarti dalam setiap kegiatan kita harus meletakkan agama di atas segala-galanya, bahkan di atas profesionalitas.

Tujuh aspek karakter integritas menurut Cloud, antara lain:

  • Membangun rasa percaya dalam hubungan
  • Berorientasi pada kebenaran
  • Bekerja dengan cara yang menghasilkan dan selesai dengan baik
  • Kemampuan merangkul yang negarif
  • Berorientasi pada perkembangan
  • Berorientasi pada hal-hal transenden


Ketujuh aspek tersebut akan bersifat mubazir bila tidak memiliki dasar agama yang kuat. Seperti salah satu point aspek karakter integritas menurut Cloud yang menyebutkan kemampuan merangkul yang negatif. Jika kita tidak memiliki dasar agama yang kuat (akhlak yang baik) bukan kita yang merangkul mereka justru kita yang terjerumus dalam hal-hal yang negatif.

Demikian, pada intinya integritas wajib dimilki oleh masing-masing individu. Dengan catatan didasarkan pada kesadaran beragama yang kuat. Dan agama diletakkan di atas segala-galanya dalam setiap aspek kehidupan.


Nama : Singgih Nurseto
NPM : 20206919
Kelas : 4 EB 12
Tugas : Soft Skills
Dosen : Ibu Nilam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar